Custom Search

25/07/08

Kapal Selam Selundupkan Narkoba

Kapal Selam Selundupkan Narkoba
Arfi Bambani Amri - detikNews
 
 
Mexico City - Duit narkoba memang menggiurkan. Sampai-sampai di Meksiko, bandar narkoba mencoba cara yang tak lazim dan jelas mahal untuk menyelundupkan narkoba ke Amerika Serikat: kapal selam.

Namun kapal selam berwarna hijau ini keburu kepergok pesawat angkatan laut Meksiko saat berpatroli 140 mil di selatan Huatulco. Kapal selam itu berukuran panjang 10 meter, dimodifikasi dari kapal biasa.

"Kapal selam ini berjalan hampir di atas permukaan air dan saat muncul, kami memergokinya," kata Kapten Benjamin Mar, juru bicara Angkatan Laut Meksiko, seperti dilansir Reuters, Sabtu (19/7/2008).

Pasukan khusus lalu mendarat di atas kapal selam itu melalui helikopter. Ditangkaplah 4 orang kru kapal yang diduga berisi narkoba jenis kokain itu.

Pemerintah Meksiko menggunakan militer untuk memerangi penyelundupan narkoba dari Amerika Selatan menuju Amerika Serikat. Sudah ribuan tentara dikirim Presiden Felipe Calderon sejak berkuasa pada Desember 2006 lalu.

Penyelundupan narkoba dari Meksiko ke Amerika Serikat dilakukan dengan berbagai cara termasuk membangun terowongan melewati perbatasan dan disembunyikan dalam kaleng makanan atau boneka. Namun inilah kali pertama penyelundupan diketahui menggunakan kapal selam. Walah.
 
(aba/aba)
 

Dapatkan informasi terkini, terupdate, berimbang dan bertanggung jawab dari seluruh informasi di Indonesia di milis :
Newspaper-Indonesia@yahoogroups.com & SuratKabar-Indonesia@yahoogroups.com 

Search Engine Terpopuler Milik Anak Bangsa
Custom Search