Custom Search

12/08/08

Soal Maybank-BII ; Bank Sentral Malaysia Tutup Mulut

Kuala Lumpur, 12 Agustus 2008 09:58
Bank Sentral Malaysia (BNM) bersikap `tutup mulut` ketika ditanyakan mengenai isu pembelian Bank Internasional Indonesia (BII) oleh Maybank (Malayan Banking Bhd), setelah Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) datang ke Malaysia melonggarkan peraturannya.

Utusan Malaysia, Selasa (12/8), melaporkan, Gubernur BNM (Bank Negara Malaysia) Zeti Akhtar Aziz mengatakan, bank sentral hanya mengeluarkan pernyataan apabila transaksi pembelian itu sudah selesai.

"BNM tidak akan mengeluarkan pernyataan ketika proses perundingan masih berlangsung hingga proses pembelian itu selesai," katanya, usai meresmikan Forum Keuangan Islam Malaysia 2008.

Gubernur BNM sempat ditanya mengenai pembelian BII oleh Maybank, setelah BNM membatalkan dukungan pembelian 100 persen saham BII oleh perbankan Malaysia itu. Pembatalan itu disebabkan karena aturan Bapepam tentang penjualan 20 persen saham kepada publik yang dinilai akan merugikan Maybank.

Tidak lama kemudian, Bapepam datang ke Kuala Lumpur dan berbicara dengan BNM dan Maybank untuk memberikan kelonggaran soal aturan tersebut, dari wajib menjual 20 persen saham kepada publik dalam dua tahun menjadi antara tiga hingga lima tahun.

[EL, Ant]
http://gatra.com/artikel.php?id=117427
Custom Search