Custom Search

06/08/08

Letusan Gunung Tambora 1815 Terdahsyat di Dunia

MATARAM -- Letusan Gunung Tambora di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terjadi pada tahun 1815 merupakan yang terdahsyat didunia dan menewaskan 92.000 orang."Letusan Gunung Tambora tersebut terjadi 10 - 11 April 1815 sekitar 30 kilometer arah tenggara Satonda," kaka Dr. Catur Sugiyanto, MA dari Pusat Studi dan Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta di Mataram, Rabu

Di hadapan peserta Exspose Hasil-Hasil Penelitian yang diadakan Bappeda NTB dijelaskan, Gunung Tambora masuk dalam wilayah Kabupaten Dompu dan Bima, namun seluruh bagian puncaknya terletak dalam wilayah Kabupaten Bima. Dikatakan, Gunung Tambora memiliki pesona alam yang unik, sementara lebar Gunung Tambora tujuh kilometer, keliling kawah 16 kilometer dan kedalaman dari puncak sampai dasar kawah sekitar 800 meter, sehingga kawah Gunung Tambora terkenal dengan "The Greatest Crater in Indonesia" (kawah terbesar di Indonesia).

Dalam makalah berjudul "Analisa Daya Tarik Pariwisata di NTB" dia menjelaskan, keindahan lain yang dimiliki Gunung Tambora yaitu padang pasir luas disepanjang bibir kawah yang ditumbuhi bunga Edelweiss kecil sekitar 0,5 - 1,5 kilometer dengan jarak berjauhan 2 - 100 meter.Selain itu, terdapat batuan-batuan berlapis dan pada bagian atasnya datar seperti meja, sehingga pemandangan itu menjadikan fenomena alam yang menakjubkan dan kaya dengan flora dan fauna.

Dikatakan, Kabupaten Dompu dan Bima memiliki obyek wisata tradisional selain alam pantai serta wisata budaya peninggalan kerajaan.Sementara untuk kegiatan selancar berlokasi di Pantai Lakei, Dompu yang cukup potensial untuk kegiatan selancar internasional dan sering diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

Sedangkan di Kabupaten Sumbawa terdapat obyek wisata Pulau Moyo yang pernah dikunjungi oleh Putri Lady Diana dari Inggris, bahkan pulau Moyo ditetapkan sebagai taman buru dan taman laut.Sebelumnya pulau tersebut merupakan kawasan suaka alam dan margasatwa, Pulau Moyo merupakan pulau karang yang memiliki topografi yang datar dibagian selatan dan tengah serta bergelombang dibagian utara.

Menurut Catur, untuk Pulau Lombok selain kawasan internasional Senggigi, di Kabupaten Lombok Barat terdapat tiga Gili atau pulau kecil yakni Gili Terawangan, Meno dan Gili Air.
"Gili-gili tersebut memiliki keindahan alam berupa pasir putih dan taman laut karang biru yang didunia hanya terdapat didua tempat yakni di Karibiya dan Gili Terawangan," katanya.
 
 

Search Engine Terpopuler Milik Anak Bangsa
http://djitu.com

Custom Search