Custom Search

14/08/08

GM Investasi USD 445 Juta di Thailand

Laporan Tri Mujoko Bayuaji
Bangkok, Thailand

Berencana Bangun Pabrik di Indonesia
RAYONG -Pasar ASEAN yang potensial mendorong General Motors (GM) Corporation untuk berinvestasi. Kemarin, pabrikan kebanggaan Amerika Serikat itu meresmikan mulainya pembangunan pabrik khusus kendaraan bermesin diesel di Rayong, Thailand, yang bernilai total USD 445 juta.

Menurut Chairman and CEO GM Coproration G. Richard Wagoner, investasi berupa pabrik yang khusus memproduksi brand mobil Chevrolet itu untuk memenuhi permintaan pasar, baik di Thailand maupun di kawasan ASEAN. ASEAN bagi perusahaan yang tahun ini tepat berusia seabad itu memang berperan sangat penting.

Karena itulah, lanjut Wagoner, GM intens mengepakkan sayap bisnis di kawasan Asia Tenggara. "Kami memprioritaskan ASEAN untuk memperkenalkan produk baru," ujar dia.

Sementara itu, Presiden GM Asia Tenggara Steve Carlisle mengatakan, pabrik baru tersebut akan mulai berproduksi pada 2010. Saat beroperasi nanti,�pabrik tersebut akan memperkerjakan 340 pekerja dan memiliki kapasitas produksi hingga 100.000 unit mesin turbo disel kapasitas 2.5 liter dan 2.8 liter.

Pabrik tersebut akan memproduksi mesin diesel empat silinder untuk digunakan pada produk-produk Chevrolet yang diproduksi di Rayong. "Kami akan fokus mengembangkan diesel dengan energi alternatif," ujar dia.

Energi alternatif itu selain CNG (compressed natural gas), terang Carlisle, juga berupa pengembangan mobil diesel berbasis bahan bakar ethanol, bio diesel, dan BBM Solar. Pabrik di Rayong berdiri di lahan seluas 14.492 meter persegi dan menjadi pabrik pertama yang memproduksi mobil bermesin diesel di ASEAN. Meski belum dipastikan, General Motors juga berencana membangun pabrik baru di Indonesia. Pabrik ini nantinya akan memproduksi 20.000 unit mobil setiap tahunnya.

(bay/ttg)
http://www.jawapos.co.id/
Custom Search