Custom Search

13/08/08

Buruh Demo Istana, Bundaran HI Macet

Shohib Masykur - detikNews

 
Jakarta - Sekitar 500 buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dari Jabotabek akan menggeruduk Istana, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Mereka meminta agar rakyat tidak memilih presiden, wapres dan parpol yang pro outsourcing.

Sebelum ke Istana, para buruh berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia (HI) sejak pukul 09.30 WIB, Kamis (14/8/2008). Mereka sebagian menumpang 30 motor namun sebagian lagi naik bus.

Tuntutan para buruh tersebut antara lain, tetapkan karyawan kontrak sebagai karyawan tetap, bubarkan dan cabut izin penyelenggara kontrak, berikan upah serta jaminan kesehatan bagi seluruh karyawan kontrak dan tetap tanpa kecuali.

Para buruh juga meminta dilibatkan dalam pengaturan dana-dana Jamsostek. Sebab selama ini yang mengatur hanya perusahaan dan pekerja tidak dilibatkan.

Mereka sebagian menggunakan jas biru gelap dari FSPMI. Mereka juga membawa bendera putih FSPMI dan poster bertuliskan 'Tolak Outsourcing'. Spanduk juga mereka bentangkan berisikan 'Jangan Pilih Presiden, Wapres dan Parpol yang Pro Outsourcing'.

Sementara itu situasi lalu lintas dari Bundaran HI hingga Istana macet karena memakan badan jalan. Meski demikian bus TransJ tetap jalan.
 
(nik/nrl)
 
Custom Search