Custom Search

26/07/08

Komando Swarzenegger Larang Hidangan Berlemak Jenuh

 
San Francisco (ANTARA News) - Guberbur California di Amerika Serikat (AS), Arnold Swarzenegger, menandatangani undang-undang negara bagian yang dipimpinnya guna mengomando larangan hidangan berlemak jenuh disajikan di seluruh tempat makan di wilayah kerjanya.

Kebijakan itu akan membuat California sebagai satu-satunya negara bagian di AS dengan peraturan yang mengatur makanan saji yang paling ketat di seluruh negeri itu.

Keputusan aktor sejumlah film, seperti "Commando", "Terminator" dan "Kindergarten Cops" itu akan membuat sejumlah banyak tempat makan cepat saji yang terkemuka di negara bagian itu segera mengubah daftar makanan yang disajikan.

Selain itu, mereka harus menyesuaikan menu dengan mengindahkan larangan ketat terhadap makanan yang berkadar lemak yang akan merusak atau membuat organ jantung terganggu fungsinya.

"California adalah negara bagian yang memimpin terdepan dalam mempromosikan kesehatan dan nutrisi dan saya dengan gembira akan melanjutkan tradisi ini untuk menghapuskan penggunaan lemak jenuh," kata Swaezenegger, yang juga mantan Mr. Universe dan Mr. Olimpya di bidang olahraga bina raga.

"Apabila kita mengkonsumsi lemak jenuh hal itu berkaitan erat dengan penyakit jantung, dan hari ini kita mengambil langkah tegas untuk membentuk generasi mendatang yang jauh lebih sehat di California.

Undang-undang tersebut akan mulai berlaku pada tahun 2010 dimana semua tempat makan umum di California tidak akan menyajikan hidangan yang memiliki kandungan lemak jenuh tersebut.

Dalam kurun waktu setahun kemudian larangan itu juga akan berlaku bagi semua makanan yang dipanggang .

Peraturan itu akan mengena bagi mereka yang bergerak di bidang usaha makanan seperti bakeri (toko kue dan roti) , restoran, kafetaria dan tempat-tempat makan lainnya.

Jika terjadi pelanggaran, maka pelaku pelanggaran akan dikenai denda mulai dari 25 hingga seribu dolar.

Lemak jenuh ditemukan di minyak goreng, margarin dan berbagai lemak pembuat kue dan menurut penelitian ilmiah lemak jenuh akan menambah jumlah kholesterol jahat, yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, dan diabetes.

Penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian nomor satu di California. (*)

COPYRIGHT © 2008
 

Dapatkan informasi terkini, terupdate, berimbang dan bertanggung jawab dari seluruh informasi di Indonesia di blogspot & milis :
http://newspaperindonesia.blogspot.com
Newspaper-Indonesia@yahoogroups.com & SuratKabar-Indonesia@yahoogroups.com 

Search Engine Terpopuler Milik Anak Bangsa
http://djitu.com
Custom Search