Custom Search

26/07/08

TNI AL Tangkap Kapal Tanker Pembuang Limbah

TEMPO Interaktif, Batam:Dua kapal tanker bermuatan limbah berbahaya dan beracun (B3) ditangkap TNI-AL di perairan Pulau Sambu, Belakang Padang, Batam. Kapal tanker MT. Halai dan TB. Bright Star ditengarai membuang limbah B3 berupa crude oil hasil cuci tanker lainnya di Singapura.

Penangkapan kapal itu terjadi hari Kamis (24/7). Waktu itu patroli TNI AL curiga dengan adanya kapal asing tak bergerak di perairan Indonesia. TB. Bright Star berbendera Funafuti dicurigai tim patroli keamanan laut. Petugas keamanan laut kemudian memeriksa kapal itu. Ternyata tug boat itu berlayar tidak dilengkapi dokumen.

Pemeriksaan kemudian dilanjutkan pada kapal tanker MT. Halai. Di tanker ini didapati limbah B3 berupa crude oil. Kemudian diketahui ternyata limbah tersebut rencananya akan dibuang di perairan Indonesia. Limbah 2.000 liter itu tertumpuk di dek kapal dan siap buang.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut Batam, Kolonel Laut (E) Muhammad Faizal mengatakan modus operandi kapal ini ketika membuang limbah dengan cara menggunakan kapal lain yang berbendera Indonesia. "Jadi dari kapal ke kapal," ujarnya kepada Tempo, Sabtu, ( 26/7/2008 ).

Keterangan yang berhasil dihimpun TNI AL menyebutkan, kegiatan membuang limbah ini telah berlangsung selama dua tahun. Sebelum dibuang, crude oil ini diolah terlebih dahulu di Singapura dan dijual ke kapal yang lego jangkar di perairan negara itu dengan harga bahan bakar lebih murah.

"Sisanya dibuang ke laut," kata Amir, salah seorang ABK MT. Hafai kepada petugas TNI-AL.

Kepala Bidang Perikanan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kepulauan Riau, Awaluddin Nasution, mengatakan lebih dari 700 nelayan terkena imbas limbah dari Singapura berupa crude oil, sludge oil dan lain-lain bila musim angin utara mulai berembus. "Perlu dihukum berat pembuang limbah di perairan Indonesia," kata Awaluddin geram.

Rumbadi Dalle

Dapatkan informasi terkini, terupdate, berimbang dan bertanggung jawab dari seluruh informasi di Indonesia di blogspot & milis :
http://newspaperindonesia.blogspot.com
Newspaper-Indonesia@yahoogroups.com & SuratKabar-Indonesia@yahoogroups.com 

Search Engine Terpopuler Milik Anak Bangsa
http://djitu.com
Custom Search