Custom Search

07/05/08

Semburan Gas di Indramayu, Jawa Barat

Warga Desa Dukuh Jeruk Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, dikejutkan dengan munculnya ratusan titik semburan yang diduga berasal dari lubang - lubang kecil berdiameter 5 -25 centimeter. semburan lumpur dan gas itu terjadi hampir merata di sejumlah areal sawah milik Pertamina di Kompleks PT. Pertamina EP Region Jawa Desa Mundu.

Hasil pendataan sementara pihak desa, jumlah petani yang lahannya muncul semburan gas liar adalah 37 petani. Kadana, buruh tani yang sedang mengerjakan sawah di salah satu titik semburan juga mengakui pertambahan titik-titik gelembung air di persawahan. Titik-titik itu hanya kecil namun jumlahnya tersebar di satu titik petak sawah yang digarapnya.

Menanggapi meluasnya dan membesarnya titik semburan gas, Humas PT Pertamina EP Bambang Budi mengatakan, penyebabnya masih dikaji lebih lanjut, dan penjelasan secara resmi akan disampaikan hari Selasa (6/5) lalu. Namun, Pertamina EP telah setuju akan memberi dana kepedulian bagi petani yang lahannya muncul semburan gas. Rencananya, bantuan itu akan diserahkan dalam waktu 1-2 hari ke depan.

Warga resah dengan munculnya semburan gas di Kabupaten Indramayu akan menyebabkan bencana seperti semburan lumpur di Sidoardjo, Jawa Timur.

acp / ni
Custom Search