Custom Search

09/08/08

Sindikat Pemalsu Pil Vitamin untuk Burung Diciduk

BANDUNG - Sindikat pemalsu pil vitamin untuk burung jenis Perkutut dibongkar Polresta Bandung Barat, Rabu (30/7/2008). Petugas pun berhasil mengamankan sedikitnya 12.500 dus yang dikemas dalam 250 dus besar Pil Perkutut dengan merek Laras Ati. Pengungkapan tersebut berkat laporan dari pemegang merek asli Laras Ati, Erickson Rompis.

"Kami mendapat lapaoran dari pemegang hak merek yang asli bahwa di Pasar Burung Sukahaji, Kota Bandung beredar pil perkutut merek Laras Ati," ujar Kasat Reskrim Polresta Bandung Barat AKP Reynold EP Hutagalung didampingi KBO Reskrim Iptu I Nyoman Yudhana.

Petugas Polresta Bandung Barat langsung menelusuri informasi tersebut dan ditemukan penjual pil tersebut. "Kami menangkap tersangka Iskandar Widjaya alias Kikih di Pasar Sukahaji itu dari keterangannya pil-pil tersebut didapatnya di daerah Semarang, Jawa Tengah," terang Nyoman.

Dari Iskandar petugas mengamankan 7.500 dus pil vitamin bagi burung Perkutut sedangkan dari kediaman Hadi Suyono di Semarang sekira 5.000 dus. 12.500 dus itu langsung diamankan di Mapolresta Bandung Barat, Jalan Sukajadi, Kota Bandung.

Dari pengakuan Hadi Suyono, dirinya memproduksi pil vitamin burung Perkutut itu karena adanya pesanan dari Iskandar. "Saya hanya disuruh buat dengan harga satu dusnya Rp35 ribu," jelas Hadi. Pembuatan vitamin palsu itu dijalankan oleh dirinya sendiri.

Setelah dibuat dan siap edar, Hadi langsung mengirimkannya ke Pasar Sukahaji Bandung. Menurut pengakuannya, peredaran pil vitamin tersebut baru di sekitar Kota Bandung saja. Pembuat pil vitamin palsu itu sudah berlangsung sejak tahun 2005 lalu.

Para pelaku dikenakan pasal 90 Subsider pasal 91 dan pasal 94 UU RI No 15 tahun 2005 tentang merek. "Hukuman yang dijatuhkan pagi pembuat selama lima tahun penjara sedangkan bagi penjual sekira satu tahun penjara," tegas Nyoman.

(Yugi Prasetyo/Sindo/mbs)
http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/07/30/1/132436/sindikat-pemalsu-pil-vitamin-untuk-burung-diciduk
Custom Search